Top Ad 728x90

Sunday 15 March 2015

Manfaat Petai Bagi Kesehatan

Manfaat dan khasiat yang ada dalam pete bagi Kesehatan Petai atau yang bisa orang jawa kenal dengan sebutan Pete, ialah salah satu lalapan yang banyak digemari oleh masyarakat kita. Petai atau pete memiliki rasa yang sangat khas, ciri dan warnanya pun juga sangat berbeda dengan lalapan lainnya.



Nah selain bisa dijadikan sebagai salah satu lalapan segar, buah petai ternyata mengandung khasiat yang luar biasa baik bagi kesehatan tubuh. Mau tahu tentang beberapa manfaat petai/pete untuk kesehatan tubuh??

Petai atau Parkia speciosa ialah salah satu pohon tropis yang memiliki buah tahunan, petai tergolong dalam suku Fabaceae atau polong2an. Dalam Parkia speciosa/petai menyimpan tiga macam gula alami, adapun gula itu disebut dengan glukosa, sukrosa, serta fruktosa.

Walaupun lalapan ini memiliki aroma tak sedap, namun menyimpan manfaat yang luar biasa, adapun manfaat petai untuk kesehatan adalah sebagai berikut:

Sebagai Lalapan Anti Depresi
Buah petai atau dalam bahasa latinnya disebut dengan Parkia speciosa ialah salah satu buah yang mengandung senyawa tryptophan, kandungan ini hampir mirip “sejenis” dengan protein yang diubah badan menjadi serotonin. Nah dengan itu mood seseorang akan bertambah dan terhindar dari depresi.

Menurunkan Tekakanan Darah Tinggi
Dalam buah petai terdapat suatu kandungan kalium yang sangat tinggi, namun rendah dengan Kadar Garam. Nah hal inilah yang membuat petai dapat memerangi dan menurunkan hipertensi/tekanan darah tinggi dalam tubuh.

Sebagai Obat Hati Dan Ginjal
Adanya kandungan antioksidan yang ada dalam petai membuat radikal bebas tak mampu menghadapinya, radikal bebas sendiri dapat kita temukan dengan mudah pada berbagai macam panganan panggang maupun panganan goreng.

Adapaun zat-zat bisa dilumpuhkan dengan antioksidan alami petai seperti : Hidroksil, Hidrogen peroksida, serta superoksida anion. Nah dengan adanya anti oksidan alami inilah yang membuat petai juga bermanfaat baik untuk hati dan ginjal kita.

Nah itulah sedikit penjelasan mengenai manfaat pete bagi kesehatan semoga dengan adanya artikel ini bisa menjadi pengetahuan bagi anda.

1 comments:

Top Ad 728x90